Notification

×

Iklan

 


Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

SDN 03 Taman Agung Kecamatan SS III Selenggarkan ANBK

| November 02, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-02T03:50:24Z

 


Oku Timur,Detik35.Com

Sebagaimana telah disebutkan bahwa Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Kamis 2/11/2023

Kepala Sekolah SDN 03.Taman Agung Roib Wahyudi S,P,d Gr Saat Dikonfirmasi Oleh Awak media  mengatakan bahwa ANBK merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud. Sehingga ANBK tidak menggantikan peran ujian nasional (UN) dalam mengevaluasi prestasi atau hasil belajar peserta didik secara individual.

Namun, Asesmen Nasional menggantikan peran UN dalam hal memberikan sebagai sumber informasi untuk memetakan dan mengevaluasi mutu sistem pendidikan. Dengan kata lain, ANBK merupakan alat untuk mengevaluasi mutu sistem, Asesmen Nasional akan menghasilkan potret yang lebih utuh tentang kualitas hasil belajar serta proses pembelajaran di sekolah.


Laporan hasil Asesmen Nasional dirancang untuk menjadi "cermin" atau umpan balik yang berguna bagi sekolah dan Dinas Pendidikan dalam proses evaluasi diri dan perencanaan program.

Asesmen Nasional Minuman (AKM) untuk mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid. Survei Karakter untuk mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid. Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

 Untuk Sekolah SDN 03 Kita ini Di ikuti oleh Siswa 26 Siswa  Kelas V Dan Di bagi Dua Sesi selama 2 (Dua ) dan Hari ini Sudah Di hari kedua.Untuk program kesetaraan, ANBK akan diikuti oleh seluruh peserta didik yang berada pada tahap akhir program belajarnya.

Tak hanya peserta didik, Asesmen Nasional juga akan diikuti oleh guru dan kepala sekolah di setiap satuan pendidikan dalam bentuk Survei Lingkungan Belajar ( Surlingjar ). Informasi dari peserta didik, guru, dan kepala sekolah diharapkan memberi informasi yang lengkap tentang kualitas proses dan hasil belajar di setiap satuan pendidikan.


Lanjut Roib Wahyudi SPd Gr .ANBK yang diselenggarakan oleh Kemdikbud ini menentukan rapot mutu sekolah. ANBK diberikan kepada murid bukan di akhir jenjang satuan pendidikan.Selain itu, ANBK juga tidak digunakan untuk menilai peserta didik yang menjadi peserta asesmen. Namun menentukan keadaan sekolah 

Tujuannya untuk mengetahui potret sekolah,dan lingkungan sekolah ,yang nanti hasil akhirnya bisa mengetahui hasilnya apakah SD  kita  mutu Rapot sekolah . Tutupnya (Red/Darwan)

×
Berita Terbaru Update