Notification

×

Iklan

 


Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Forum Paguyuban Mahasiswa Madina Nusantara Gelar Seminar Pembangunan Ekonomi

| April 23, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-23T04:06:45Z

 


Mandailing Natal - Detik 35.com

Forum Paguyuban Mahasiswa Madina Nusantara gelar acara Seminar Pembangunan Ekonomi di Aula Serbaguna STAIN Mandailing Natal propinsi Sumatera Utara pada Senin (22/4/2024). Seminar tersebut dihadiri oleh lebih dari 100 mahasiswa,Staf Ahli Bupati Mandailing Natal (Dr.M.Daud Batubara,M.Si), Akademisi STAIN Mandailing Natal(Andy Hakim S.E,M.M),Wakil Ketua Il STAIN Mandailing Natal(Dr.H.Kasman M.A) beserta Sejarawan dan Budayawan Mandailing Natal(Askolani Nasution).


Seminar tersebut dengan thema : Memanfaatkan Potensi Sumber Daya Mandailing Natal dengan Konsep Green Ekonomi dan Blue Ekonomi.


Seminar tersebut dibuka oleh Dr. H. Kasman M.A, Wakil Ketua II STAIN Mandailing Natal, yang menyatakan bahwa "Penting bagi mahasiswa/mahasiswi untuk bergabung dengan organisasi mahasiswa/mahasiswi yang bertujuan untuk kemajuan, karena filosofi seorang sarjana terletak pada pola pikir dan mindsetnya sendiri".


Askolani Nasution menyampaikan bahwa "Mandailing Natal telah menjadi jalur perdagangan sejak zaman kerajaan Majapahit. Bahkan dalam catatan Belanda, Pakantan telah lama menjadi komoditas rempah sebelum masa kolonialisme. Bahkan, setengah dari APBN pemerintah kolonial di Batavia berasal dari Kopi Mandailing."


Dr. M. Daud Batubara, M.Si. mengatakan bahwa "Pepatah yang kita gunakan sekarang harus diubah menjadi ‘semakin berilmu semakin berkualitas dalam berbicara,juga menjelaskan bahwa ada empat strategi dalam membangun wilayah, yaitu pengembangan fisik, pengembangan dunia usaha, pengembangan SDM, dan pengembangan ekonomi masyarakat."


Beliau juga menambahkan bahwa: "Konsep Green Ekonomi sangat penting untuk mengurangi risiko kerusakan lingkungan dengan tujuan pertumbuhan ekonomi yang kuat dan ramah lingkungan,juga melakukan  Koordinasi yg baik.


Kemudian Andy Hakim S.E, M.M, menyatakan bahwa "Salah satu kendala dalam peningkatan ekonomi Mandailing Natal adalah ketergantungan pada sektor primer yang dapat menyebabkan kemiskinan,sehingga Mandailing Natal memiliki tingkat pendidikan dan ekonomi terendah dibandingkan dengan kabupaten lainnya di Se-Tabagsel.


Terahir Dr. M. Daud Batubara, M.Si, mengatakan bahwa "Pemerintah Mandailing Natal siap mendukung penuh kegiatan mahasiswa Mandailing Natal di berbagai bidang dengan syarat "mengadakan koordinasi terlebih dahulu."


Selain Forum paguyuban Mahasiswa Madina Nusantara,Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Mandailing Natal -Jakarta( Ammar Kadafi)  sangat berterimakasih atas suksesnya gelar seminar pembangunan ekonomi tersebut.

Esrin M/Red

×
Berita Terbaru Update