Notification

×

Iklan

 


Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Berkunjung ke Muara Taput, Ganjar Pranowo Kagum Melihat Keindahan Danau Toba

| November 13, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-13T09:45:42Z

 


Taput, Detik35.com

Bakal capres Ganjar Pranowo mengagumi keindahan Danau Toba. Ia melihat kawasan danau ini memiliki potensi besar menjadi wisata unggulan kelas dunia.

Hal itu disampaikan Ganjar saat berkunjung ke Muara, Tapanuli Utara. Kedatangannya disambung  Ketua DPC PDIP Kabupaten Tapanuli Utara, Dr Nikson Nababan, Minggu (12/11/23).

Selain melihat keindahan Danau Toba, Ganjar bertemu dengan sejumlah warga serta para pelaku UMKM. Ganjar pun berbincang dengan para petenun ulos dari Kecamatan Muara.

“Saya hari ini menikmati keindahan Danau Toba, apalagi pas terbang di atas, wow.. indahnya Pemandangan Danau Toba tepatnya di Muara. Ini tempat pariwisata yang harus bisa menjadi kelas dunia,” ujarnya.

Guna memajukan pariwisata dan meningkatkan ekonomi masyarakat, menurut Ganjar, tentu membutuhkan orang-orang kreatif seperti Bupati Taput Nikson Nababan.

“Butuh anak-anak muda kreatif yang membantu Pak Nikson Nababan, yang bisa membuat konten-konten yang menarik bisa menceritakan bagaimana karya ulos ini dibikin,” katanya sembari memberikan saran, bahwa untuk memajukan UMKM dan pariwisata diperlukan narasi yang baik.

Contohnya soal bagaimana menenun, bagaimana mewarnai, bagaimana  filosofinya, kenapa bisa ada corak yang berbeda. Ganjar menyebutkan, satu persatu mesti diceritakan dengan apik bagaimana membuat ulos yang sangat berharga dan mahal.

“Kalau boleh usul dalam setiap kotak/ bungkusnya selalu ada kertas kecil yang memuat narasi tentang karya/ ulos tersebut,”kata Ganjar dengan menegaskan bahwa semua generasi harus menghormati leluhur dan menghormati mereka yang berkreasi dan berinovasi.

“Kemudian, kita tunjukkan bahwa dari Tapanuli Utara ini ada karya anak-anak bangsa, karya orang tua kita dan mungkin desain dari anak-anak muda, dengan kolaborasi tersebut menjadi satu, kita tunjukkan karya tersebut tidak mudah dibeli, yang artinya kita mempunyai kebudayaan yang sangat tinggi,” ungkap Ganjar (David. Lumbantobing)

×
Berita Terbaru Update