Notification

×

Iklan

 


Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Masyarakat Sekitar Hilizimali Desa Hilimbosi Harap Segera Tutup PT KSS.

| September 12, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-12T03:36:50Z

 




Nias Utara ,Detik35.Com
Asphalt Mixing Plant PT Karunia Sejahtera Sejati (AMP PT KSS) terletak di lingkungan hilizimali desa hilimbosi kecamatan sitolu ori kabupaten nias utara yang di resmikan pada tanggal 14 juli 2023 yang tidak lama ini membuat masyarakat tidak nyaman akibat dekat dari pemukiman warga.


AMP (Asphalt Mixing Plant) adalah seperangkat peralatan yang berfungsi untuk memproduksi bahan pelapis permukaan jalan lentur.
PT. KSS (PT. Karunia Sejahtera Sejati)


FOINOTO ZEGA tokoh di lingkungan hilizimali desa hilimbosi membenarkan saat di konfirmasi awak media ini di rumahnya Jumat, 08/09/2023 bahwa ada beberapa dampak yang mereka rasakan setelah berdirinya PT KSS AMP di lingkungan tersebut antara lain indikasi polusi udara, getaran atau bising mesin, debu, asap, dan penyakit kulit akibat limbah cairan yang mengalir pada sumur warga.


FOINOTO ZEGA menambahkan lagi atas keberadaan AMP PT KSS itu di lingkungan desa hilimbosi belum di lakukan sosialisasi dan belum ada persetujuan terutama kepada warga setempat dan paling tidak rumah terdekat. "Setelah ada AMP PT. KSS ini ada dampaknya bagi kami seperti suara mesin sangat terganggu, asap, abu,  dan juga ada  yang mengalami penyakit kulit akibat limbah yang mengalir di bawah tanah pada saranan air bersih. "Terangnya.
FOINOTO ZEGA berharap kepada pemerintah kabupaten nias utara dan dinas terkait agar secepat di lakukan tindakan atas pencemaran lingkungan dampak dari AMP PT KSS ini kalau bisa di tutup apabila tidak bisa di pelihara semaksimal mungkin, dari pada mengorbankan masyarakat banyak.


Beberapa tim dari media mencoba melakukan konfirmasi kepada pemilik AMP PT KKS pada hari (jumat, 08/09/2023) namun belum bisa, berhubung karena mereka sudah keluar. "tadi pagi sekitar jam 9 mereka menuju lotu untuk RDP di DPRD kabupaten nias utara. "Kata staf kantor.


YA'AMAN TELAUMBANUA SE. MM,  ketua komisi I DPRD kabupaten nias utara menanggapi hal ini pada hari Jumat, 08/09/2023 Usai rapat dengar pendapat (RDP) dari PT KSS AMP itu menjelaskan sesuai klarifikasi yang dia peroleh dari petugas PT KSS AMP bahwa tahap dan langkah awal telah di lakukan oleh perusahaan tersebut bahwa telah ada fakta integritas dari perusahaan atau pernyataan singkat yang mereka peroleh.


Dan sesuai laporan dan keluhan dari masyarakat lingkungan hilizimali desa hilimbosi kecamatan sitolu ori kabupaten nias utara bahwa ada dampak dari PT KSS AMP itu seperti indikasi polusi udara, pencemaran air, limbah, debu, asap segera di tindak lanjuti. "tandasnya.
"Atas keluhan masyarakat itu akan di tindaklanjuti dari berbagai pihak baik dari dinas lingkungan hidup dan dinas kesehatan dan PERKIM dalam waktu dekat. "tegasnya Ya'aman telaumbanua.


Untuk menindak lanjuti hasil rapat dengar pendapat RDP di ruang komisi I DPRD kabupaten nias utara dari pihak perusahaan PT karunia sejahtera sejati hari jum'at yang lalu, maka pada hari senin 11 september 2023 sekitar pukul 14 00 wib telah turun tim baik dari dinas lingkungan hidup kabupaten nias utara maupun dari dinas perizinan dan dinas terkat lainnya di kabupaten nias utara.


Kepala dinas lingkungan hidup kabupaten nias utara FAOZARO HULU SH, bersama kepala dinas perizinan DEVI AFRIYANTI SH, MH telah melihat dan memantau situasi dan kondisi dari dampak PT KSS yang mengakibatkan atau mengganggu konsentrasi masyarakat di sekitar hilizimali desa hilimbosi kecamatan sitolu ori kabupaten nias utara.


Faozaro Hulu SH Kepala Dinas lingkungan Hidup menyatakan bahwa untuk memastikan sejauh mana pencemaran lingkungan yang terjadi, kami dari dinas lingkungan hidup kabupaten Nias Utara akan memfasilitasi untuk menguji secara laboratorium, karena di provinsi ada tim ahli yang menguji, baik pencemaran air dan asap.


Kepala Dinas lingkungan hidup Nias Utara itu juga menyarankan pihak perusahaan untuk melakukan uji laboratorium baik itu air, apakah tercemar sebagaimana pengaduan masyarakat sekitar.


Walaupun pada kesempatan itu sedikit memicu keributan di antara humas PT KSS dengan masyarakat karena ada pro dan kontra saat di investigasi lapangan, namun kepala dinas lingkungan hidup kabupaten nias utara bisa menjelaskan sebagaimana triknya perusahaan tersebut bisa berdiri di lingkungan tertentu.


Seorang ibu rumah tangga di sekitar hilizimali desa hilimbosi ONIWATI alias ina deo telaumbanua, yang telah melihat dan membuktikan bahwa sejak ada PT KSS ini mereka sekeluarga mengalami penyakit kulit akibat cairan yang mengalir, dan di tambahkan lagi sudah pernah muncul cairan aspal yang mengalir melalui parit di depan rumahnya dan aromanya sangat mengganggu konsentrasi bagi masyarakat sekitar yang di duga PT KSS ini tidak profesional untuk menjalankan tugas dalam perusahaan demi menjaga keselamatan masyarakat banyak.


Sementara itu, masih di tempat yang sama seorang ibu rumah tangga KRISTINA FITRIA BR HUTABARAT alias ina Septi salah satu korban sasaran abu dan asap PT KSS ini melapor kepada kepala dinas lingkungan hidup kabupaten nias utara di saat melakukan monitoring bahwa setiap hari kerja PT KSS ini maka setiap hari juga abu dan asap di dalam rumahnya yang mengakibatkan tidak ada kenyamanan untuk menjalankan kegiatan dan aktivitas karena anaknya di serap penyakit batuk flu akibat  asap dari pengoperasian AMP PT KSS ini.

(Red/ samahati telaumbanua.)
×
Berita Terbaru Update