Notification

×

Iklan

 


Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kelompok Tani TUHENI Terima pembangunan Jalan Menuju Persawahan So'uro Dusun II Desa Sifahandro

| August 31, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-31T10:35:57Z

 


Nias Utara ,Detik35.Com

Salah satu kelompok tani di desa sifahandro kecamatan sawo kabupaten nias utara provinsi sumatera utara bernama kelompok tani TUHENI yang berkedudukan di so'uro dusun II, terima swakelola pembangunan jalan usaha tani menuju persawahan so'uro dusun II desa sifahandro, dengan nomor kontrak 520/94/ppk-dak/dkpp/2023, nilai kontrak 200.000.000 (dua ratus juta rupiah) masa pelaksanaan 120 (seratus dua puluh) hari kalender yang di laksanakan oleh kelompok tani tuheni.


Idaman johan hulu, ST, M.M kepala dinas ketahanan pangan dan pertanian kabupaten nias utara (senin, 28/08/2023) menjelaskan kepada awak media tentang pembangunan jalan usaha tani menuju persawahan so'uro dusun II di desa sifahandro, adalah salah satu kelompok tani TUHENI telah  mendapatkan satu swakelola jalan pertanian dari kurang lebih seribu kelompok tani se nias utara.

"Dan itu memang rezeki kelompok tani tuheni, selagi telah memenuhi persyaratan maka mereka berhak menerima dan tidak boleh di ganggu gugat, kelompok itu sendiri yang mengelola, kita tidak bisa menginterfensi mereka. "Tegas kadis.


Adina telaumbanua alias ina Jeli sebagai ketua kelompok tani TUHENI (selasa, 29/08/2023) membeberkan upaya dan langkah yang telah di lakukan selama dirinya menjadi ketua dalam kelompok ini sampai bisa berhasil, sebelum kegiatan di mulai telah melakukan langkah langkah seperti peninjauan lahan untuk bisa di hibahkan tanpa imbalan demi kelancaran progres pada pembangunan jalan tersebut, dan juga telah melaksanakan beberapa kali rapat pengurus bersama anggota sehingga bisa menjadi satu keputusan berkomitmen dan bersedia menerima pembangunan jalan tersebut hingga saat ini tidak ada masalah.


Masih penjelasan Adina telaumbanua, untuk tahap pertama dana telah masuk di rekening kelompok tani tuheni sebesar 25 persen dan telah di laksanakan sesuai dengan kenyataan di lapangan.

Jalan pertanian tersebut berukuran panjang 204 meter dan lebar 2.20 cm.

"Sebelum kegiatan ini di mulai, kami telah melaksanakan langkah langkah seperti peninjauan lokasi, rapat bersama anggota dan kelengkapan administrasi sehingga kami bisa layak menerima swakelola ini dari pemerintah. "terang ketua.


Adina telaumbanua juga tidak lupa berterima kasih kepada pemerintah kabupaten nias utara  yang telah memfasilitasi kelompok tuheni melalui dinas ketahanan pangan dan pertanian kabupaten nias utara. "Saya sebagai ketua kelompok tuheni berterima kasih kepada pemerintah kabupaten nias utara agar kedepan selalu mengusulkan kelompok tuheni untuk menambah akses jalan pertanian lagi di desa sifahandro. "Tegasnya.


YA zendrato, tokoh di desa sifahandro saat di temui awak media (selasa, 29/08/2023) sangat mengapresiasi kinerja ketua bersama anggota kelompok tani  tuheni dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab pada pembangunan jalan pertanian itu hingga sudah mulai ada tanda tanda keberhasilan dan ke kompak kan di dalam kelompok tuheni tersebut.


(Red/Samahati telaumbanua)

×
Berita Terbaru Update